Pemerintah Sumatera Utara mengapresiasi kepada para penggiat perempuan dan anak Sumatera Utara khususnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK PUSPA) Sumut yang telah bersumbangsih dan telah berbuat untuk kepedulian terhadap lingkungan, perempuan dan juga anak.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sumatera utara, Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum dalam sambutannya di acara Silaturahmi Ramadan dan buka bersama Penggiat Perempuan dan Anak Sumatera Utara di Avros Park, Medan, Rabu (29/5), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi.

“Pemerintah Sumatera Utara mengapresiasi para penggiat perempuan dan anak Sumatera Utara yang sudah bekerja bukan karena ada perangkat yang sudah bisa langsung bekerja atau karena ada yang membiayainya tapi karena hati nurani dan mau berbuat terhadap lingkungan, permasalahan perempuan dan anak untuk itu pemerintah akan hadir bukan karena terjadi masalah tapi hadir memberikan solusi sebelum terjadi masalah dimasyarakat,” ungkap Musa Rajekshah yang akrab di sapa bang Ijek ini.


Sementara itu sebelumnya Ketua FK PUSPA Sumut, Misran Lubis dalam pembukaannya mengatakan bahwa saat ini secara nasional ada tiga isu terkait perempuan dan anak yaitu kekerasan terhadap perempuan dan anak, trafficking dan kesenjangan akses ekonomi. Sehingga FK PUSPA Sumut konsen melakukan di tiga level yaitu pencengahan, mendorong sistem rujukan penanganan dan koordinasi antar lembaga.

“Demi memperkuat hal itu, FK PUSPA Sumut memberikan beberapa rekomendasi kepada pemerintah Sumatera Utara diantaranya isu anak dan perempuan adalah isu lintas organisasi dan lintas OPD, dibentuknya forum koordinasi dunia usaha bagi dukungan penggiat perempuan dan anak dan melakukan pertemuan rutin bersama dengan OPD terkait, ” ujar Misran.

Misran menambahkan bahwa saat ini FK PUSPA Sumut sudah terbentuk di empat kabupaten di Sumatera Utara antara lain di Tanjung Balai, Sibolga, Labuhan Batu, Tapanuli Selatan dan sudah melakukan sinergi dan kemitraan ke 83 lembaga yang ada di Sumatera Utara