Dalam sebuah keluarga anak adalah generasi penerus. Jadi sudah selayaknya di didik dengan sebaik-baiknya. Sehingga kela ia bisa menjadi anak yang baik, berbakti kepada oranga tuanya, berguna bagi orang lain dan menjadi penerus keluarga yang baik.

Untuk mendidik anak, sebaiknya dilakukan sejak usia dini. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sifat-sifat kebaikan dalam dirinya. Kela setelah dewasa tinggal menempah sifat tersebut dan mengasah kecerdasannya.

Anak yang di didik dengan baik, suatu hari pasti akan menjadi anak yang berguna. Sehingga ia dihargai oleh banyak orang dan membawa citra baik keluarga.

Sayangnya, mendidik anak dengan baik bukan sesuatu yang mudah dilakukan, seperti membalikan telapak tangan. Perlu kegigihan serta kesabaran yang besar, untuk melakukan itu semua. Tentu pengorbanan tersebut akan menuai hasil yang memuaskan.

Kabar baiknya ada cara mendidik anak yang baik dan benar. Cara-cara ini telah terbukti mampu menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berbudi luhur. Berikut 8 cara tersebut, beserta penjelasan singkatnya.

1. Tumbuhkan rasa keingintahuan

Agar anak menjadi orang yang memiliki pengetahuan luas. Maka tanamkan pada diri anak Anda, sifat keingintahuan. Sifat ini akan mendorong ia menjadi orang yang memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi.

Anda bisa menumbuhkan rasa ingin tahu pada anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan menarik kepadanya setiap saat. Pertanyaan yang Anda ajukan kepada mereka akan menjadikannya ingin tahu jawaban yang paling benar.

Bukan hanya mengajukan pertanyaan, ada kalanya sebagai orang tua Anda memberikan wawasan baru kepada si buah hati. Sehingga akan merangsang otak untuk ingin tahu hal lainnya, terlebih wawasan baru yang Anda berikan menarik bagi mereka.

2. Ajarkan kemandirian pada anak

Hampir semua orang tua menyayangi anaknya. Ada kalanya sayang pada anak yang berlebihan ini justru akan membawanya kearah yang buruk. Oleh karena itu, ajarkan pada anak sebuah kemandirian, jangan terlalu di manja.

Sebab, jika anak Anda manja kepada orang tua, ia akan memiliki ketergantungan pada Anda sebagi orang tua. Dalam kondisi yang seperti ini, anak Anda akan sulit berkembang, karena tidak ada kemandirian pada diri mereka. Ini sangat bahaya bagi masa depan mereka.

Sederhananya, anak manja akan memiliki sifat ketergantungan yang tinggi pada orang lain sehingga membuatnya sulit untuk berkembang secara mandiri. Ini dapat membahayakan masa depan mereka, karena selalu membutuhkan pembibing yang baik. Tanpa pembimbing, mereka bagaikan kapal tanpa nahkoda di lautan lepas.

3. Ajarkan rasa tanggung jawab sejak dini

Supaya pada suatu saat ia bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab. Maka ajarkan sifat tersebut sejak dini padanya. Karena, jika telah tertanam rasa tanggung jawab sejak kecil, niscaya sifat tersebut akan tumbuh hingga kela ia dewasa.

Sifat ini akan membuat si buah hati menjadi manusia yang akan di percaya oleh orang lain. Sehingga akan membuatnya lebih mudah dalam mencari kerja, atau membangun bisnis, karena telah memiliki modal yang besar yaitu kepercayaan.

4. Tumbuhkan rasa berani menyampaikan pendapat

Keberanian seseorang dalam menyampaikan pendapat, akan membuatnya menjadi orang yang berhasil. Oleh sebab itu, tumbuhkan sifat berani menyampaikan pendapat kepada anak. Sehingga ia dapat menjadi manusia yang memiliki keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi.

Pada dasarnya, keberanian dalam menyampaikan pendapat ini adalah keterampilan. Jadi, ia harus ditanam dan di pupuk agar tumbuh menjadi lebih besar. Ini memerlukan proses yang tidak sebentar, sehingga sangat baik jika di tanam dan di pupuk sejak usia dini.

Sebesar apapun ide yang dimiliki seseorang tidak akan berguna jika tidak berani menyampaikannya, terutama dalam dunia kerja. Sehingga dibutuhkan keberanian untuk menyampaikan gagasan yang dimiliki.

5. Tumbuhkan rasa kasih sayang pada anak


Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada sesama dapat menjadikan ia sebagai pribadi penyabar dan penyayang. Ini menjadi modal besar baginya untuk mengarungi liku-liku kehidupan pada saat dewasa kela. Jadi tumbuhkan rasa kasih sayang kepada anak adalah salah satu cara mendidik anak yang baik.

Karena rasa kasih sayang yang dimiliki akan menjadikan si buah hati disenangi oleh banyak orang. Caranya, sayangi mereka dan hindari menggosipkan atau menjelekan orang lain di depan mereka. Anda juga bisa mengajarkan untuk mau berbagi kebaikan kepada orang lain (baik dalam bentuk materi, maupun non materi).

6. Jangan terlalu menuruti semua keinginan anak

Dengan menanamkan kemadirian pada anak, ia akan menjadi pribadi yang sanggung menghadapi cobaan kehidupan. Salah satu cara terbaik adalah dengan tidak menuruti semua keinginannya, sebab jika semua yang diminta dituruti, ia bisa menjadi pribadi yang manja dan tergantung pada orang tua.

Sifat manja ini sangat-sangat membunuh karakter anak. Sebab ia tidak akan mempunyai keberanian, kemandirian serta akan tergantung pada orang lain. Dampaknya akan sangat kurang baik untuk masa depan buah hati Anda.

Simpulnya, sebagai orang tua Anda jangan sampai menuruti semua keinginannya. Cukup penuhi semua kebutuhannya. Dengan demikian, akan tertanan sifat tidak boros pada anak, karena secara tidak langsung akan menyadari yang mana kebutuhan dan mana keinginan. Pastinya akan sangat baik bagi kehidupannya di masa depan, terutama dalam bidang financial.

7. Tanamkan sifat jujur pada anak

Kejujuran merupakan modal yang besar untuk menjadi orang yang sukses. Karena kejujuran tersebut akan membuatnya dipercaya oleh banyak orang. Maka sangat dianjurkan untuk menanam dan menumbukan sifat kejujuran kepada anak.

Mudahnya, Anda harus bisa memberikan contoh nyata dan jangan sekali-kali meminta anak berbohong kepada orang lain. Juga mintalah anak untuk tidak takut mengakui kesalahannya. Sehingga akan membuat anak menjadi manusia jujur yang dapat dipercaya.

Manfaat bagi orang yang jujur adalah ia akan mudah di percaya oleh orang lain. Dan ini menjadi modal besar bagi anak untuk membangun jaringan kerja atau bisnis serta pertemanan di masa depan.

8. Jadilah contoh yang baik

Sebenarnya cara mendidik anak yang baik adalah dengan menjadi contoh. Anak pada umumnya akan meniru prilaku dari orang tua mereka. Namun, kadang menjadi contoh saja tidak cukup, dan dibutuhkan 7 pendekatan di atas.

Simpulnya, anak adalah titipan dari Tuhan yang harus dirawat dan di jaga dengan baik. Kela ia juga akan menjadi penerus bagi orang tuanya. Juga anak yang baik akan menjadi kebanggaan tersediri bagi orang tuanya.

Jadi jika Anda memiliki anak, dan berharap ia menjadi orang yang membanggakan keluarga, maka didiklah ia dengan baik. Anda bisa menggunakan cara mendidik anak yang baik di atas, dan mencari cara yang lainnya. Sehingga ia dapat membanggakan keluarganya dan berguna bagi sesama