Berastagi-Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional (HAN), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Karo menyelenggarakan lomba tingkat TK, SD dan SMP se-Kabupaten Karo, Rabu (14/11) 2018 di Taman Mejuah Juah Berastagi.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam sambutannya mengatakan, setelah Kabupaten Karo mendapatkan penghargaan kabupaten layak pemuda, diharapkan setelah deklarasi dan kerja keras bersama akan mewujudkan Kabupaten Karo layak anak.

Dengan peran masyarakat dalam mencegah kekerasan terhadap anak, eksploitasi, diskriminasi, kita pasti bisa meraih Kabupaten Karo layak anak. “Hak dasar anak berupa hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi, harus bisa kita dipenuhi masyarakat dan Pemkab Karo,”tegas Terkelin.

Kepala Dinas PPPA, dr Hartawaty Tarigan mengatakan, lomba yang diikuti anak anak tersebut adalah lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba cipta dan baca puisi serta lomba pidato. ”Selain lomba, hari anak ini juga diwarnai dengan penandatanganan deklarasi pembentukan Kabupaten Karo layak anak dengan seluruh stakeholder,”ujarnya.

Hartawaty menyebutkan, kabupaten/kota layak anak merupakan kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Sementara itu, Fasilitator Forum Anak Kabupaten Karo, Amsalta Sinuhaji mengapresiasi kreativitas anak khususnya dalam menyampaikan pesan melalui lomba pidato. “Semangat anak-anak dalam pidato seharusnya menjadi semangat pemerintah dan masyarakat karena memuat pesan yang harus dicapai seluruh pihak untuk anak siap menjadi generasi yang akan datang,” tegas mantan Ketua Umum Forum anak ini.

Anak-anak merupakan modal pembangunan dan awal kunci kemajuan bangsa di masa depan. Sepertiga dari total penduduk Indonesia adalah anak-anak. Anak-anak terbukti mampu membuat perubahan dan menyelesaikan masalah kita secara lebih kreatif, sederhana, dan ringkas. “Sebagai wujud upaya pemenuhan hak anak, pemerintah harus segera mewujudkan, memperhatikan serta melindungi hak-hak anak,” harapnya.

Pantauan di lokasi kegiatan, tampak para anak anak yang mengikuti lomba pidato semangat dengan karakter masing masing, membuat penonton dan tamu undangan terpukau oleh kepiawaian para peserta di bawah hujan gerimis.

Hadir pada acara tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua TP PKK Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin, Asisten 1 Pemerintahan, Drs Suang Karo-Karo, anggota DPRD Jon Karya Sukatendel, Kepala BNN Kabupaten Karo, AKBP Heppi Karo-Karo, pimpinan Forkopimda, Ketua Forum Anak Kabupaten Karo, Benhard P Purba