LANGKAT, Waspada.co.id – Seorang ibu dan anak mengalami kecelakaan tunggal di area lintasan Jembatan Namukur, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Selasa (4/7) kemarin.

Akibatnya, Anggi Puspita Sari (40) mengalami luka yang cukup serius, rahang bagian bawah patah, tangan kiri terkilir, hidung mengeluarkan darah hingga luka gores di bagian wajah dan anaknya Amora (9) mengalami luka ringan.

Ibu dan anak merupakan warga Kampung Kolam, Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat itu telah menjalani perawatan di RSU Djoelham Binjai dan sempat dijenguk oleh Wakil Wali Kota dan Dandim Binjai.

Kapolsek Sei Bingai, AKP Japaris Perangin-angin, mengatakan kedua korban sebelumnya sempat dirawat di Puskesmas Namukur, lalu dirujuk ke RS Djoelham Binjai, usai dievakuasi dari TKP.

“Korban kami evakuasi dengan mobil patroli sebelum dibawa ke Puskesmas, dan dirujuk ke RS Djoelham,” kata Kapolsek.

Informasi yang dirangkum, diketahui kondisi rusaknya Jembatan Namukur sudah sejak 2020 lalu, diduga akibat muatan truk yang melintas melebihi tonase.

Plt Kepala Dinas PUPR Pemkab Langkat, Khairul Azmi, mengaku sudah melarang truk over tonase melintas di jembatan namukur.

Azmi menyarankan, agar truk menuju Binjai dari Namukur bisa melintas melalui Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, dan keluar di Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.

Lubang di Jembatan Namukur Rawan Kecelakaan, Ibu dan Anak Jatuh ke Sungai
Lubang di Jembatan Namukur Rawan Kecelakaan (ist)

“Sudah kami portal, tapi ada yang buka lagi. Akibatnya jalan amblas saat truk kembali melintas di jembatan,” beber Azmi.

Sejumlah langkah pun telah disiapkan Pemkab Langkat untuk perbaikan jembatan, termasuk pengalokasian dana.

“Kami sudah merencanakan perbaikan tahun depan dengan alokasi anggaran khusus sebesar Rp25 miliar, sekaligus pembangunan jembatan baru. Dengan adanya peristiwa ini, kami akan segera berkoordinasi dengan anggota DPRD Langkat. Apakah akan segera dilakukan perbaikan pada anggaran perubahan (P-APBD) tahun ini, karena situasi ini sudah urgent,” ungkap Azmi. (wol/rid/d1)